Pages

Senin, 03 Oktober 2011

cara mengatur jarak tulisan readmore

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore
Pernahkah ada masalah pada posisi tulisan readmore (baca selengkapnya) pada blog anda? Misalnya posisinya terlalu rapat atau terlalu jauh dari paragraf sebelumnya. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

Pernahkah anda bingung apa penyebabnya? Lalu dimana tempat untuk mengaturnya? Pertanyaan seperti inilah yang sempat memusingkan saya. Setelah uji coba dan utak-atik akhirnya saya temukan resepnya dengan cara saya sendiri. Saya tidak tahu bagaimana cara orang lain melakukannya. Tapi yang jelas, setiap posisi tulisan readmore saya bermasalah, saya akan melakukan langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke halaman Dasbor dan mengklik Edit Entri.

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

2. Mengklik Edit pada judul posting yang readmorenya bermasalah.

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

3. Mengklik Edit HTML.

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

4. Memeriksa posisi kode . Jika jaraknya terlalu rapat dengan parangraf di atasnya, maka posisinya nanti juga akan merapat pada paragraf di atasnya. Ketiga contoh di bawah ini adalah posisi yang bermasalah (kecuali jika posisi itu memang anda inginkan)

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

5. Karena itu saya mengatur posisinya menjadi seperti ini.

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

6. Kemudian saya pastikan kode ini hanya ada satu dalam posting tersebut. Jika lebih dari satu biasanya juga bermasalah, misalnya readmore memotong tulisan bukan pada paragraf (pertama) yang kita inginkan. Mungkin pada paragraf kedua, ketiga dan seterusnya.

7. Saya menceknya dengan cara menekan Ctrl + F pada keyboard sehingga muncul kotak Find di bawahnya. Saya ketik kode pada kotak tersebut lalu menekan Enter, maka muncul kode tersebut dalam keadaan terseleksi dengan warna hijau. Kemudian saya enter lagi. Jika saya temukan lebih dari satu saya hapus kode yang lainnya. Jika sudah yakin benar-benar satu yang tersisa, baru saya klik TERBITKAN ENTRI.

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

8. Sekarang saya lihat perubahannya. Sebagai contoh inilah posisi tulisan readmore pada Blogernas sesuai yang saya inginkan.

Cara Mengatur Jarak Tulisan Readmore

Jika posisi tulisan related post pada blog anda juga bermasalah, anda bisa lihat cara mengaturnya di sini.

0 komentar:

Posting Komentar